Sabtu, 25 April 2015

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Rutinitas yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan kita adalah merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengapa hal ini sangat penting ? karena mulut merupakan pintu awal masuknya kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dipertegas oleh Dr. Drg. Zaura Rini Anggraeni yang mengatakan bahwa gigi berlubang merupakan investasi penyakit – penyakit kronis. Apa artinya ? bahwa gigi berlubang dapat menyebabkan penyakit kronis ( menahun ).
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Syarat pencernaan makanan dikatakan baik dengan adanya gigi yang sehat, sehingga makanan dapat dikunyah dan dilumat secara sempurna di mulut oleh gigi. Untuk itu sangat penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sakit tenggorokan, sariawan dan bau mulut merupakan masalah yang sering pada mulut kita. Hal ini semua karena kurangnya kita menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Yang perlu kita fahami bahwa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak harus mahal, semua ini bisa dilakukan dengan sederhana. Adapun tips untuk menjaga gigi dan mulut yang dapat kita lakukan diantaranya :

1.      Rajin periksa ke dokter gigi

Dokter gigi menurut sebagian orang banyak yang menganggap tabu dan takut saat berhadapan dengan dokter gigi karena takut akan giginya dicabut. Untuk mensiasati ini semua anda bisa menggunakan / mendengarkan musik saat anda melakukan cek ke dokter gigi.

2.      Lakukan flossing sebelum menyikat gigi

Inti dari flossing adalah membantu mengeluarkan sisa – sisa makan yang menempel pada sela – sela gigi.

3.      Rajin menggosok gigi

Ini merupakan cara termudah yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ini bisa kita lakukan minimal 2 kali sehari dan pastikan setelah kita menggosok gigi tidak ada sisa –sisa makan yang menempel.

4.      Gunakan obat kumur

Sisa makan, plak atau karang gigi akan bisa dihilangkan dengan menggunkan obat kumur. Obat kumur ini juga bisa berguna akan mulut dan nafas kita segar.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini

 
Copyright Berbagi Kesehatan Untuk Indonesia All Rights Reserved
ProSense theme created by Dosh Dosh and The Wrong Advices.
Blogerized by Alat Recording Studio Rekaman.