Kamis, 29 Oktober 2015

Dampak Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Mental

Dampak Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Mental


Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Semua orang akan membutuhkan yang namanya tidur atau istirahat. Secara biologis dan fisiologis seorang manusia akan melakukan tidur saat tubuhnya merasa ngantuk. Tetapi dalam kenyataannya banyak orang yang mendapat kurang istirahat atau kualitas tidur yang kurang efektif.

Secara kasat mata apabila seseorang mengalami kurang istirahat akan terlihat kelopak mata yang berkantong, sering menguap dan tidak semangat. Selain dampak yang secara fisik terlihat, kurang istirahat juga bisa merusak kesehatan mental seseorang ungkap Direktur Center for Sleep Medicine di Icahn School of Medicine, dr. Steven Feinsilver.

Bagi seseorang yang kurang istirahat akan mengalami kurang peka emosi atau mentalnya. Orang yang kurang istirahat saat dia gembira maka wajah mereka akan terlihat biasa saja, begitu pula sebaliknya ekspresi gembira orang lain akan terlihat biasa bagi mereka yang kurang istirahat. Orang yang mengalami kurang tidur, maka suplai darah dan oksigen ke otak akan mengalami penurunan sehingga fungsi otak kita tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Efek lain saat kita kurang istirahat atau tidur adalah kita terkadang akan mengalami tertidur dalam sela-sela aktifitas kita. Biasanya ini berlangsung sebentar dan kita akan merasa kaget saat tersadar. Tentu hal ini sangat tidak bagus apabila kita dalam situasi bekerja atau saat kita nyetir mobil atau motor. Rasa ngantuk yang tertahankan akan bisa menyebabkan orang tertidur sejenak yang bisa membahayakan jiwanya.

Pada tahap kronis, orang yang mengalami kurang tidur bisa mengalami gangguan kejiwaan yaitu halusinasi. Jika ini tidak bisa kita atasi dengan segera akan bisa merusak mental dan kejiwaan kita.


Artikel Terkait :  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini

 
Copyright Berbagi Kesehatan Untuk Indonesia All Rights Reserved
ProSense theme created by Dosh Dosh and The Wrong Advices.
Blogerized by Alat Recording Studio Rekaman.