Kamis, 05 November 2015

Punya Kebiasaan Ini ? Jangan-jangan Anda Mengalami Gejala Diabetes

Tanda Penyakit Diabetes

Hasil sebuah data International tentang diabetes di Indonesia sangat mengejutkan, dimana pada tahun 2030 diperkirakan ada sekitar 11,8 juta penduduk Indonesia akan menderita penyakit diabetes. Padahal pada tahun 2013 data mengatakan ada sekitar 7,6 juta jiwa penderita diabetes di Indonesia. Angka ini naik hampir dua kali lipat.

Diabetes merupakan penyakit yang merusak sistem insulin dalam menekan kadar glukosa atau gula dalam darah. Sehingga kadar gula darah kita mengalami kenaikan atau hiperglikemi.

Berikut ciri-ciri khas penderita diabetes, untuk itu waspadalah :

1. Sering Kencing

Salah satu ciri penderita diabetes atau kencing manis adalah seringnya buang air kencing ( poliuri ) dalam jumlah yang banyak, dan biasanya pada malam hari. Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan tingginya kadar gula diatas ambang normal ginjal kita yang melebihi 180 mg/dl.
Dalam keadaan ini tubuh kita mengkonpensasi dengan melakukan banyak kencing dalam jumlah banyak untuk mengurangi kadar gula darah. Apabila kita sering mengalami sering buang air kencing terlebih pada malam hari sebaiknya kita sering melakukan cek kadar gula secara rutin.

2. Cepat Lapar 


Gejala kedua yang menjadi khas penyakit diabetes adalah sering makan ( poliphagia ). Artinya kita sering mengalami lapar yang berlebihan sehingga mendorong kita untuk makan. Hal ini disebabkan oleh kadar insulin yang kurang sehingga insulin tidak mampu untuk memasukkan gula dalam sel sehingga membuat otot dan organ tubuh menjadi lemah kahabisan energi.

Pada kondisi ini otak kita akan mengirimkan sinyal lapar yang mendorong kita untuk makan atau meningkatkan asupan makanan. Dibalik itu saat kita selesai makan, maka kadar gula akan tinggi yang bisa memicu timbulnya gangguan pada jantung dan pembuluh darah.


3. Sering Merasa Haus


Tanda ke tiga adalah sering merasa haus ( polidipsi ). Pada khasus penderita diabetes akan mengalami sering merasa kehausan atau dehidrasi. Dalam kondisi ini mendorong kita untuk melakukan banyak minum, sehingga produksi urin kita semakin banyak.

Apabila kita sering mengalami ketiga kebiasaan tadi, maka kami sarankan anda untuk melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin agar kita bisa memantau kadar gula darah kita sehingga bisa terhindar dari penyakit diabetes. Semoga bermanfaat.....

Artikel Sebelumnya : Cara Merawat Rambut

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini

 
Copyright Berbagi Kesehatan Untuk Indonesia All Rights Reserved
ProSense theme created by Dosh Dosh and The Wrong Advices.
Blogerized by Alat Recording Studio Rekaman.